BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Mobile
Kata
mobile
secara
harfiah berarti bergerak atau berpindah. Dalam hal ini, mobile
yang
dimaksud adalah perangkat teknologi komunikasi bergerak. Perangkat
bergerak (mobile)
memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain, layout,
namun memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem
desktop
(Siregar Ivan Michael : 2010) :
-
Ukuran yang kecil
Perangkat
mobile
memiliki
ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil
untuk kenyamanan dan mobilitas.
-
Memori yang terbatas
Selain
ukuran yang kecil, perangkat mobile
juga
memiliki memori yang kecil, yaitu primary
(RAM)
dan secondary
(disk).
Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan
program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan
jumlah dari memori, pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil
untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.
-
Daya proses yang terbatas
Sistem
mobile
tidak
setangguh desktop.
Ukuran teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi
dari sumber daya ini.
-
Mengkonsumsi data yang rendah
Perangkat
mobile
menghabiskan
daya yang rendah dibandingkan dengan mesin desktop.
Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada
keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai.
-
Kuat dan dapat diandalkan
Karena
perangkat mobile
selalu
dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi
benturan-benturan, gerakan dan sesekali tetesan air.
-
Konektivitas yang terbatas
Perangkat
mobile
memiliki
bandwidth
rendah,
beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka
menggunakan koneksi wireless.
-
Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat
konsumen ini menyala dalam hitungan detik. Kebanyakan dari mereka
selalu menyala. Misalkan sebuah handphone,
mereka
booting
dalam
hitungan detik dan kebanyakan dari orang tidak mematikan handphone
mereka
bahkan ketika malam hari, PDA akan menyala jika anda menekan tombol
power
mereka.
2.2
Aplikasi Mobile
2.2.1 Pengertian
Aplikasi Mobile
Aplikasi
mobile
merupakan
aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile
(bergerak).
Pemrograman aplikasi mobile
tidak
banyak berbeda dengan pemrograman konvensional pada desktop.
Hanya saja pada pengimplementasiannya perlu diprehatikan aspek dari
perangkat mobile
tersebut
karena perangkat mobile
memiliki
keterbatasan dibandingkan desktop
(Budi
: 2007).
2.2.2 Jenis
Aplikasi Mobile
Aplikasi
mobile
yang
berkembang saat ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu aplikasi
mobile
web
dan
nativemobile
application (Yuan
: 2011) :
-
Aplikasi mobile web
Sebuah
aplikasi berbasis web yang tampilannya dioptimalkan untuk layar
smartphone
yang
kecil.
-
Nativemobile Application
Aplikasi
yang memang dirancang pada platform
tertentu.
Kelebihan
aplikasi native
dibandingkan
aplikasi web (Yuan : 2011) :
-
Akses ke banyak API misalnya accelerometer, GPS, kamera, dll.
-
Pesistensi data, memungkinkan aplikasi menyimpan data dan dibuka kembali saat aplikasi dijalankan.
-
Integrasi dengan aplikasi native lainnya.
-
Bisa dijalankan lokal tanpa harus memiliki koneksi internet.
-
User interface lebih responsif.
Kekurangan
aplikasi native
disbanding
aplikasi web (Yuan : 2011). :
-
Jika ada update maka user harus mendownload ulang aplikasi yang telah terpasang.
-
Akses ke banyak API misalnya accelerometer, GPS, kamera, dll
-
Edukasi
Edukasi
dalam istilah Bahasa Indonesia dikenal dengan pendidikan. Berdasarkan
kamus besar Bahasa Indonesia , pendidikan diartikan sebagai proses
pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Pendidikan dapat diperoleh secara formal maupun non formal (Hasan :
2007).
Pendidikan
formal diperoleh dari terstruktur yang telah dirancang oleh suatu
institusi seperti misalnya sekolah. Pendidikan non-formal adalah
pendidikan dimana pengetahuannya diperoleh dari kehidupan
sehari-hari.
Edukasi
pada anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak sejak
usia dini sebagai bekal dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berwawasan
dan bermatabat.
-
Media Pembelajaran
-
Pengertian Media Pembelajaran
-
Media
pembelajaran adalah sebuah alat untuk menyampaikan pesan
pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak
dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penggunaan
media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami
sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit (Supriatma : 2009).
Versi Lengkapnya bisa anda miliki dengan klik tombol dibawah ini
No comments:
Post a Comment