Tuesday, December 20, 2016

Contoh Bab 2 Aplikasi Edukasi Seksologi Terhadap Anak Usia Dini Berbasis Android


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Mobile
Kata mobile secara harfiah berarti bergerak atau berpindah. Dalam hal ini, mobile yang dimaksud adalah perangkat teknologi komunikasi bergerak. Perangkat bergerak (mobile) memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain, layout, namun memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop (Siregar Ivan Michael : 2010) :
  1. Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas.
  1. Memori yang terbatas
Selain ukuran yang kecil, perangkat mobile juga memiliki memori yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memori, pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.
  1. Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidak setangguh desktop. Ukuran teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi dari sumber daya ini.
  1. Mengkonsumsi data yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan daya yang rendah dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai.
  1. Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan dan sesekali tetesan air.
  1. Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwidth rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless.
  1. Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik. Kebanyakan dari mereka selalu menyala. Misalkan sebuah handphone, mereka booting dalam hitungan detik dan kebanyakan dari orang tidak mematikan handphone mereka bahkan ketika malam hari, PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.


2.2 Aplikasi Mobile
2.2.1 Pengertian Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile (bergerak). Pemrograman aplikasi mobile tidak banyak berbeda dengan pemrograman konvensional pada desktop. Hanya saja pada pengimplementasiannya perlu diprehatikan aspek dari perangkat mobile tersebut karena perangkat mobile memiliki keterbatasan dibandingkan desktop (Budi : 2007).
2.2.2 Jenis Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile yang berkembang saat ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu aplikasi mobile web dan nativemobile application (Yuan : 2011) :
  1. Aplikasi mobile web
Sebuah aplikasi berbasis web yang tampilannya dioptimalkan untuk layar smartphone yang kecil.
  1. Nativemobile Application
Aplikasi yang memang dirancang pada platform tertentu.
Kelebihan aplikasi native dibandingkan aplikasi web (Yuan : 2011) :
  1. Akses ke banyak API misalnya accelerometer, GPS, kamera, dll.
  2. Pesistensi data, memungkinkan aplikasi menyimpan data dan dibuka kembali saat aplikasi dijalankan.
  3. Integrasi dengan aplikasi native lainnya.
  4. Bisa dijalankan lokal tanpa harus memiliki koneksi internet.
  5. User interface lebih responsif.
Kekurangan aplikasi native disbanding aplikasi web (Yuan : 2011). :
  1. Jika ada update maka user harus mendownload ulang aplikasi yang telah terpasang.
  2. Akses ke banyak API misalnya accelerometer, GPS, kamera, dll
    1. Edukasi
Edukasi dalam istilah Bahasa Indonesia dikenal dengan pendidikan. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan dapat diperoleh secara formal maupun non formal (Hasan : 2007).
Pendidikan formal diperoleh dari terstruktur yang telah dirancang oleh suatu institusi seperti misalnya sekolah. Pendidikan non-formal adalah pendidikan dimana pengetahuannya diperoleh dari kehidupan sehari-hari.
Edukasi pada anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak sejak usia dini sebagai bekal dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berwawasan dan bermatabat.
    1. Media Pembelajaran
      1. Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah sebuah alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit (Supriatma : 2009).
Versi Lengkapnya bisa anda miliki dengan klik tombol dibawah ini
 

No comments:

Post a Comment

Download desain Banner

Banner atau sering disebut spanduk , brosur dan lain sebagainya adalah sebuah pengumuman berbentuk gambar maupun tulisan yang biasanya di ...