Friday, December 23, 2016

Contoh Bab 1 Sistem Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guyub Rukun


  1. BAB I

PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang

Di era TIK kini, perangkat komputer sangat lazim digunakan untuk membantu suatu perusahaan dalam menunjang kegiatan usahanya. Ada banyak sekali cara, diantaranya memanfaatkan program aplikasi seperti Microsoft office atau Open Office. Namun, aplikasi seperti ini sebenarnya dirancang untuk pengguna pada umumnya. Banyak fitur-fitur yang tak terjamah namun disediakan oleh aplikasi tersebut. Di sinilah peranan customized software muncul. Dengan fitur-fitur unik sesuai dengan yang dibutuhkan secara real oleh perusahaan tersebut. Software ini dapat berupa banyak jenis, di antaranya adalah system informasi.
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan perseorangan atau badan usaha dan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasas kekeluargaan, serta bertujuan mensejahterakan anggotanya. Salah satu jenis koperasi adalah koperasi simpan pinjam. Kegiatan utamanya adalah menghimpun dan meminjamkan dana.
Koperasi ”Guyub Rukun” adalah koperasi simpan pinjam yang beroperasi di Yogyakarta. Koperasi ini telah berjalan selama dua tahun, dan dalam prakteknya, pengurus melakukan pencatatan tentang keanggotaan, simpanan, pinjaman, dan pelaporan dana menggunakan buku dan lembaran kertas. Meskipun telah dibantu dengan spreadsheet, masih sering terjadi kesalahan baik dalam pencatatan maupun pelaporan. Selain itu informasi tentang keadaan real keuangan koperasi sendiri tidak dapat diketahui secara real time. Pengurus harus melakukan perhitungan terlebih dahulu berdasarkan rekapan transaksi, baru memindahnya ke dalam data digital untuk diolah dalam spreadsheet. Arsip koperasi sendiri tidak terkelola dengan teratur, sehingga sering terjadi kesulitan tracking transaksi.
Pada skripsi ini, penulis mencoba menganalisis pokok bahasan tersebut. Hasil dari analisis ini akan digunakan untuk membangun sistem baru yang merupakan pengembangan dari sistem yang telah berjalan. Sistem yang baru ini akan menggunakan program aplikasi khusus yang berjalan sesuai aturan dalam koperasi “Guyub Rukun”.
    1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah :
  1. Bagaimana mengidentifikasi permasalahan operasional pada koperasi ”GuyubRukun”?
  2. Bagaimana mengidentifikasi kebutuhan user dan sistem untuk koperasi simpan pinjam ini?
  3. Bagaimana menganalisis dan merancang sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu diimplementasikan pada koperasi tersebut?
  4. Bagaimana mengimplementasikan hasil analisis untuk menjadi sistem informasi simpan pinjam untuk koperasi Guyub Rukun?
  5. Bagaimana melakukan testing dan konversi sistem informasi koperasi simpan pinjam pada koperasi ”Guyub Rukun”?
    1. Batasan Masalah

Masalah pembangunan sistem informasi koperasi simpan pinjam ini sangatlah luas, dan apabila tidak dibatasi, dapat menghambat penyelesaian masalah. Karena itu penulis akan membatasi pada poin-poin pokok yang menjadi sendi utama dalam kegiatan koperasi simpan pinjam, yaitu:
      1. Penginputan dalam sistem informasi ini menggunakan perangkat mouse dan keyboard.
      2. Proses dalam sistem informasi ini meliputi proses:pengolahan data, pencarian data, perhitungan SHU, dan pembuatan laporan.
      3. Proses pengolahan data meliputi:
        a. Data Anggota Koperasi
        b. Data Rekening (harta , Hutang , dan Modal) 
        c. Data Pinjaman Dan simpanan
        d. Data Penarikan Simpanan dan Angsuran pinjaman
        e. Data Transaksi lain (misal , penambahan modal dari sumber lain)
      1. Proses pencarian data meliputi:
        a. Data Anggota Koperasi
        b. Data Rekening (harta , Hutang , dan Modal) 
        c. Data Pinjaman Dan simpanan
        d. Data Penarikan Simpanan dan Angsuran pinjaman
        e. Data Transaksi lain (misal , penambahan modal dari sumber lain)
      1. Perhitungan SHU dan Pembagian SHU
      2. Pelaporan bersifat dinamis dan berdasarkan periodisasi, yang meliputi laporan data anggota, pinjaman, simpanan, angsuran, penarikan, jurnal, pembagian shu, jurnal penutup, SHU, dan neraca.
      3. Perangkat Lunak yang digunakan : 

        1. Sistem Operasi Windows XP
        2. Visual Basic 6.0
        3. DBMS MYSQL

      1. Sistem Informasi ini menggunakan konsep arsitektur stand-alone, dengan satu komputer dan satu pemakai yang mampu bekerja. Karena untuk saat ini koperasi guyub rukun masih belum membutuhkan banyak komputer untuk menangani operasional pembukuannya.
    1. Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan oleh penulis mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
  1. menghasilkan perangkat lunak untuk menunjang proses operasional koperasi simpan pinjam “Guyub Rukun” yang berkualitas, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku pada koperasi tersebut.
  2. Mendukung kegiatan koperasi di Indonesia dengan menawarkan cara baru dalam melakukan proses pencatatan keuangan pada koperasi simpan pinjam yang lebih baik.
    1. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh melalui proses penelitian ini adalah:
      1. Bagi peneliti, penelitian ini mampu dijadikan sebagai batu loncatan dan tantangan untuk menjadi pribadi yang lebih berkompeten di bidang system informasi. Selain itu, melatih peneliti untuk mampu bekerja dan bertanggung jawab pada pekerjaannya sesuai dengan apa yang telah peneliti tetapkan.
      2. Bagi koperasi Guyub Rukun, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan sistem operasional koperasi yang selama ini relah berjalan
      3. Untuk koperasi simpan pinjam lainnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan apabila ingin memiliki sistem informasi yang serupa untuk mendukung kinerja koperasi.
      4. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan permasalahan yang lebih kompleks dan sesuai dengan kebutuhan di koperasi simpan pinjam lainnya.
    1. Metode Penelitian

Untuk memperoleh data yang benar, akurat, dan relevan, maka penulis menggunakan beberapa metode penelitian yang ada, yaitu:
        1. Observasi
Observasi adalah metode penelitian untuk pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara melakukan pengamatan secara langsung tanpa bersentuhan secara langsung dengan objek yang diteliti. Observasi ini membutuhkan waktu yang relative lebih lama, namun hasil yang diperoleh lebih nyata.
        1. Dokumentasi
Merupakan metode pengumpulan data melalui catatan, bukti-bukti transaksi, laporan, dan lain-lain yang diperoleh dari objek penelitian maupun sumber dari luar objek penelitian.
        1. Wawancara
Metode pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada orang maupun instansi yang terkait dengan objek dan topik penelitian.
        1. Rekayasa Perangkat Lunak
Merupakan metode inti yang digunakan dalam penelitian ini, guna menyelesaikan permasalahan yang muncul. Metode ini meliputi proses analisis dan perancangan sistem, coding perangkat lunak, serta testing dan implementasi perangkat lunak.
    1. Sistematika Penulisan

Secara umum, penulisan laporan penelitian ini mempunyai 5 bagian, yaitu:
  1. BAB I Pendahuluan
Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitanm dan sistematika penelitian yang dilakukan oleh penulis.
  1. BAB II Landasan teori
Bab kedua pada laporan penelitian ini berisi tentang ringkasan landasan teori yang digunakan oleh peneliti selama penelitian dan penyusunan laporan penelitian.
  1. BAB III Analisis dan Perancangan Sistem
Bab ini merupakan bagian analisis dan perancangan sistem yang dibangun oleh peneliti. Di bagian ini penulis akan menjelaskan analisis sistem lama dan baru serta perancangan sistem baru yang akan dibuat.
  1. BAB IV Implementasi dan Pembahasan
BAB IV berisi tentang implementasi dan pembahasan sistem yang telah dibangun berdasrkan hasil analisi dari BAB III. Hasil uji coba sistem juga akan dipaparkan di bagian ini.
  1. BAB V Penutup
BAB V merupakan bagian terakhir dari penulisan laporan penelitian ini. Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran. di bagian inilah terdapat jawaban atas masalah yang timbul di awal penelitian. Selain itu terdapat saran yang tentunya dapat dijadikan sebagai bahan pertimabngan untuk penelitia lain, pembaca, maupun koperasi sendiri.




2 comments:

Download desain Banner

Banner atau sering disebut spanduk , brosur dan lain sebagainya adalah sebuah pengumuman berbentuk gambar maupun tulisan yang biasanya di ...