Wednesday, March 22, 2017

Contoh proposal PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI SIP3 SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PEMILIH



PROPOSAL
PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI SIP3
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PEMILIH

  1. PENDAHULUAN

Salah satu tolak ukur baik tidaknya pelaksanaan demokrasi adalah pelaksanaan Pilkada. Pilkada harus dilaksanakan secara Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia, serta dilandasi dengan semangat Jujur dan Adil. Oleh karenanya, pelaksanaan Pilkada perlu dikelola dengan baik dan benar.

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung berbagai kegiatan sehari-hari di KPUD saat ini belum optimal. Sementara itu, KPU dituntut untuk menjadi suatu institusi yang modern, sesuai dengan visi dan misi KPU. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu KPU khususnya KPUD untuk menunjang keberhasilan Pilkada, terutama dalam proses penghitungan suara dan penetapan kepala daerah. Dengan memanfaatkan TI maka hasil penghitungan suara pilkada akan dapat diketahui dengan lebih cepat, sehingga pelaksanaan pilkada secara keselurahan dapat sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan.

Selain itu, perkembangan TI dewasa ini dapat dimanfaatkan untuk membantu administrasi pelaksanaan tugas-tugas KPUD. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan dengan memanfaatkan komputer dan jaringan yang digunakan pada Pemilu 2004, data dapat disimpan lebih rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila diperlukan. Dari data tersebut dapat diolah menjadi suatu informasi yang dapat disebarluaskan kepada publik, sehingga publik bisa mendapatkan informasi yang diperlukan secara cepat, akurat, dimanapun dan kapanpun.

Sehubungan dengan hal diatas, kami menawarkan jasa pembuatan Software Sistem Informasi Pendaftaran Penduduk Dan Pemilih yang disingkat dengan SIP3 untuk digunakan pada Pilkada tahun 2008.

Sistem Informasi Pendaftaran Penduduk dan Pemilih (SIP3). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan sepesifik KPUD sehubungan dengan proses pendataan penduduk dan pemilih berdasarkan hasil dari P4B (Pendaftaran Pemilih dan Pencatatan Penduduk Berkelanjutan).


  1. KEUNGGULAN SOFTWARE BUATAN KAMI

1.      User Friendly
Desain program dengan tampilan menu yang mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun.

2.      Step by Step Building
Aplikasi yang kami tawarkan dapat dibuat secara bertahap satu persatu, sehingga dapat disesuaikan dengan kemam-puan karyawan untuk meng-operasikan aplikasi secara bertahap juga.

3.      Network Based
Aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses dari komputer mana saja didalam gedung selama terkoneksi dengan jaringan LAN lokal, dan dapat diakses dari komputer dimanapun di dunia bila terkoneksi dengan jaringan internet.

4.      Multi OS
Aplikasi berbasis web dapat dijalankan dari sistem operasi mana saja dan bahkan dapat diakses dari handphone yang mempunyai fasilitas internet
                                                                                          
5.      Easy Installation & Upgrade
Aplikasi yang kami buat cukup diinstal di server atau salah satu PC didalam gedung sedangkan PC lain dapat mengakses aplikasi tanpa harus diinstal disetiap PC yang bersangkutan, dengan demikian memudahkan perawatan dan upgrade sistem.

6.      Public Database & Easy Integration
Kami menggunakan database standar Internasional yang banyak digunakan aplikasi lain sehingga memudahkan integrasi dengan aplikasi lain atau pengembangan oleh vendor lain.

7.      Self Building Application
Aplikasi kami buat sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga dan disertai dokumentasi yang baik, sehingga apabila ada bugs atau penambahan fitur maka dengan mudah dan cepat kami selesaikan. Aplikasi ini juga kami buat dengan menyesuaikan SOP (Standart Operation Prodedure) dan budaya kerja di perusahaan anda sehingga aplikasi yang kami buat benar-benar sesuai dengan harapan karyawan di perusahaan anda.

8.      Documentation & Source Code
Kami menyertakan dokumentasi cara operasi software dan CD berisi kode sumsber program, jadi sewaktu-waktu dapat dikembangkan oleh SDM internal perusahaan.

  1. RUANG LINGKUP & TUJUAN KEGIATAN
1)      Melakukan perencanaan dan persiapan
2)      Melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk pembuatan software.
3)      Pengadaan sarana kerja yang dibutuhkan sesuai skala prioritas yang telah ditentukan
4)      Menganalisis kegunaan sarana kerja dalam menunjang dan membantu proses perencanaan pembuatan software

Maksud dan Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah untuk membangun suatu sistem informasi berbasis web yang bertujuan untuk memebuat database data penduduk dan memilahnya secara otomatis untuk penduduk yang berhak memilih dalam Pilkada OKI tahun 2008..

Dengan adanya sarana kerja yang memadai diharapkan hasil perencanaan yang optimal dan terarah.
Menyediakan Sistem Informasi pendukung kerja KPUD sebagai penyelenggara Pemilu dan Pilkada yang komprehensif dan terpadu.
Data dapat disimpan rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila diperlukan.
Sejalan dengan maksud kegiatan, maka tujuan yang hendak dicapai adalah:
1)      Dengan menyediakan sarana informasi yang memadai diharapkan semua pihak yang terkait dapat mengakses informasi data penduduk.
2)      Mendukung mewujudkan visi dari KPU yaitu menjadi penyelenggara Pemilu/Pilkada yang independen, non-partisan & imparsial, serta profesional sehingga hasil kerjanya dipercaya oleh semua pihak, baik dari dalam maupun dari luar negeri.
3)      Mendukung terselenggaranya Pemilu dan Pilkada yang lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat seluas-luasnya atas dasar prinsip-prinsip demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan beradab.
4)      Meningkatkan transparansi penyelengaraan Pemilu dan Pilkada.


  1. FITUR SISTEM
Berikut adalah beberapa kemampuan sistem yang dimiliki, yaitu :
  • Sinkronisasi & Konsolidasi Data pada sistem tersebar berbasis internetworking, dari Kecamatan ke Tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi, dan ke Tingkat Pusat, sehingga data baik yang berupa basisdata, file, dan folder dapat diakses dengan mudah di setiap titik pada sistem tersebar tersebut.
Sistem ini dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, dengan menggunakan algorithma Rolling Checksum & Secure Hashing, yang sangat efisien dalam penggunaan jalur datanya, sehingga bermanfaat untuk menekan biaya koneksi internet, memperbaiki kondisi akses internet yang rendah bandwidth, latensi tinggi, serta kehandalan internet yang kurang, dimana hal tersebut merupakan tipikal permasalahan jaringan internet di Indonesia. Penggunaan mekanisme distributed event ordering untuk memberikan penjaminan serialisasi perubahan data yang terjadi dalam sistem terdistribusi, dan penggunaan teknik sinkronisasi dua arah dan sinkronisasi terpartisi vertical/horizontal untuk sinkronisasi multipoint.
  • Mirroring/backup [Disaster Recovery] Data dan Aplikasi. Sistem mirroring ini juga dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, Rolling Checksum & Secure Hashing untuk mendeteksi bagain data yang berubah, secara aman dan cepat, sehingga menjadi sangat efisien dalam penggunaan jalur datanya. Dengan mirroing ini akan meningkatkan keamanan dan ketersediaan data (availability), dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi, serta menurunkan downtime sistem jika terjadi gangguan.
  • Sistem Clustering. Dengan sistem ini, jika terjadi kendala tidak berjalannya aplikasi pada sistem utama, maka sistem backup (yang sama) segera dapat menggantikan perannya, sehingga ketersediaan (availability) aplikasi lebih tinggi dan sistem menjadi lebih handal (reliability).
  • Security Enhancement System, merupakan sistem untuk manajemen otorisasi dan sesi yang dibangun untuk dapat memberikan penjaminan yang tinggi terhadap interkoneksi yang terjadi pada suatu aplikasi berbasis internet. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan Secure Socket Layers (SSL) dan Web Services sebagai dasar teknologinya sehingga dapat diakses dari mana saja dengan mudah dan aman. Selanjutnya, transfer data dilakukan secara ter-enkripsi melalui protokol yang aman.
  1. Terintegrasi dengan sistem yang lain. aplikasi  ini terintegrasi dengan paket aplikasi untuk Pemerintahan lainnya, misalnya dengan e-GovPortal (Sistem Informasi Manajemen Portal & Content Management System), sehingga masyarakat dapat melihat data hasil pemilihan yang up-to-date melalui portal Pemerintah Daerah.

  1. FITUR DETAIL
      Aplikasi yang kami buat mempunyai fitur sebagai berikut :
  1. Tampilan aplikasi user friendly, artinya aplikasi dapat digunakan dengan mudah oleh orang awam sekalipun.
  2. Sistem mencatat setiap aktifitas oleh operator untuk digunakan sebagai laporan aktifitas dan keperluan lainnya.
  3. Data diinput dapat di kategorikan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan hasilnya berupa kartu pemilih yang dapat di cetak segera.
  4. Data keseluruhan dapat di gunakan oleh instansi pemerintah lain yang membutuhkannya, dan data dapat dibuat dalam bentuk file excel, pdf, word atau data standar SQL.
  5. kami menggunakan database standar internasional sehingga dapat di gunakan untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemograman apapun.

  1. GAMBARAN SISTEM
Software diinstall di server utama
Database diinstal di server utama dan juga di server cadangan sebagai backup data otomatis, dengan menggunakan sistem clustering
Terdapat 3 komputer untuk input data, koneksi jaringan menggunakan sistem wireless (tanpa kabel).
Data yang diinput secara otomatis di sortir berdasarkan ketentuan pilkada, nama yang mempunyai hak suara dapat langsung di cetak oleh operator.
Operator juga dapat mencetak laporan data baik harian atau periode yang ditentukan.


  1. KEUNGGULAN SOFTWARE
  1. Modul lengkap.
  2. Mudah diintegrasikan dengan Portal.
  3. Karena berarsitektur Web Distributed, dimana disetiap Unit Kerja terdapat server lokal, maka sistem Sinkronisasi Data tidak membutuhkan akses yang Dedicated (cukup Dial-Up)
  4. Diperkuat dengan Sistem Keamanan berbasis teknik Kriptografi & Fasilitas Otentifikasi dengan USB Flashdisk (e-Token).
  5. Mengacu kepada regulasi dan aturan pemerintah terkini.
  1. FASILITAS PENDUKUNG
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan software ini, didukung juga dengan peralatan-peralatan sebagai berikut:
  1. Kendaraan roda empat dan roda dua
  2. 1 Unit Komputer Server Utama
  3. 1 Unit Komputer Server Slave
  4. 3 Unit Komputer Operator
  5. 2 Unit SWITCH Wireless
  6. 5 Unit WiFi USB
  7. 2 Unit UPS 1000 watt
  8. 3 Unit UPS 600 watt
  9. 3 Unit Printer Epson R230Printer

  1. KEBUTUHAN STAF PENDUKUNG
Untuk melaksanakan kegiatan ini disamping Tenaga Ahli, juga didukung oleh beberapa orang staf pendukung/operasional antara lain:
  1. Programmer database
  2. Progammer aplikasi
  3. Desain grafis
  4. Analis software
  5. Network Engineer
  6. Security System
  7. Membuat buku manual
  8. Fotokopi buku manual
  9. Training operator
  10. Audit / Pemerikasaan bugs
  11. Operator komputer

  1. URAIAN TUGAS TENAGA AHLI.
Tugas dan tanggung jawab dari setiap personil yang terlibat diatur sebagai berikut..
  1. Tim Leader
    • Bertanggung jawab dalam menyelesaikan kegiatan penyiapan pembuatan software sampai selesai.
    • Mengadakan koordinasi teknis terhadap tim kerjanya dan bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran.
    • Selaku tenaga ahli dibidang software enginer, menyusun rancangan software.
    • Membuat laporan pekerjaan berkala.

  1. Programmer database
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Merancang struktur database software, berdasarkan data flowcart yang dibuat oleh Analis Software.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Progammer aplikasi
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Membuat skrip program berdasarkan rekomendasi dari analis software dan programmer database.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
  2. Desain grafis
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Membuat desain ikon dan gambar yang diperlukan untuk software.
    • Merancang tampilan software agar tampil menarik.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Analis software
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Bersama dengan tim dari KPU merancang alur kerja software
    • Merancang flow cart
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Network Engineer
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Melakukan pekerjaan instalasi komputer.
    • Memasang jaringan untuk menghubungkan antar komputer.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Security System
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Memeriksa sistem keamanan jaringan agar tidak bisa disadap atau disusupi oleh orang lain.
    • Memperbaiki sistem yang bolong.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Membuat buku manual
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Menyusun modul pelatihan dan sosialisasi software.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Training operator
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Memberikan pelatihan kepada operator komputer.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Audit / Pemerikasaan bugs
    • Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
    • Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
    • Memeriksa software dan mencocokan dengan data manual.
    • Mencoba software dari segala kemungkinan kesalahan dari operator.
    • Memberikan masukan teknis kepada tim leader.

  1. Operator komputer (dari pihak KPU)
    • Melakukan input data dari lembaran cetak.
    • Mencetak kartu pemilih
  1. RENCANA KERJA

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan software ini, maka disusun langkah-langkah yaitu:
  1. Tahap persiapan
o    Mendapatkan sumberdaya perangkat keras
o    Mendapatkan sumberdaya perangkat lunak
o    Mendapatkan sumber daya manusia berupa tenaga ahli.
  1. Tahap rancangan
    • Bersama dengan tim dari KPU menganalisa seluruh kebutuhan sistem
    • Menyiapkan rancangan software yang meliputi Alur kerja software yang digambar dalam bentuk flow cart
    • Merancang struktur database software, berdasarkan data flowcart yang dibuat oleh Analis Software.
    • Mengidentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi sistem
    • Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
    • Memilih konfigurasi yang terbaik
    • Menyiapkan usulan penerapan
    • Menyetujui atau menolak penerapan system

  1. Tahap Pembuatan
    • Membuat database
    • Membuat skrip program berdasarkan rekomendasi dari analis software dan programmer database.
    • Membuat tampilan software agar lebih menarik dan mudah digunakan.

  1. Tahap Instalasi
    • Melakukan pekerjaan instalasi software.
    • Memasang jaringan untuk menghubungkan antar komputer.

  1. Tahap pemeriksaan software dan sistem
    • Memeriksa software dan mencocokan dengan data manual.
    • Mencoba software dari segala kemungkinan kesalahan dari operator.
    • Memeriksa sistem keamanan jaringan agar tidak bisa disadap atau disusupi oleh orang lain.
    • Memperbaiki sistem yang bolong.

  1. Tahap Training
    • Menyusun modul pelatihan dan sosialisasi software.
    • Memberikan pelatihan kepada operator komputer.

  1. Tahap Monitoring
    • Memeriksa pekerjaan operator dan memastikan bahwa operator tidak mengalami kesulitan dalam bekerja.


  1. DELIVERABLE
                                
Hasil dari kerjasama ini adalah berupa :
  1. Dokumentasi dalam bentuk berita acara dan gambar proses kegiatan pembuatan software
  2. Buku manual cara penggunaan software
  3. CD yang berisi software dan manual
  4. Semua hardware yang terdapat dalam proposal.

  1. PENUTUP
Demikian proposal penawaran dari kami, kami sangat senang apabila kami diberi kesempatan untuk mempresentasikan proposal kami. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

1 comment:

Download desain Banner

Banner atau sering disebut spanduk , brosur dan lain sebagainya adalah sebuah pengumuman berbentuk gambar maupun tulisan yang biasanya di ...