PROPOSAL
PEMBUATAN PROGRAM APLIKASI SIP3
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PENDUDUK DAN
PEMILIH
Salah satu tolak ukur baik
tidaknya pelaksanaan demokrasi adalah pelaksanaan Pilkada. Pilkada harus
dilaksanakan secara Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia, serta dilandasi dengan
semangat Jujur dan Adil. Oleh
karenanya, pelaksanaan Pilkada perlu dikelola dengan baik dan benar.
Pemanfaatan Teknologi
Informasi (TI) dalam mendukung berbagai kegiatan sehari-hari di KPUD saat ini
belum optimal. Sementara itu, KPU dituntut untuk menjadi suatu institusi yang
modern, sesuai dengan visi dan misi KPU. Oleh karena itu diperlukan suatu
sistem yang dapat membantu KPU khususnya KPUD untuk menunjang keberhasilan
Pilkada, terutama dalam proses penghitungan suara dan penetapan kepala daerah.
Dengan memanfaatkan TI maka hasil penghitungan suara pilkada akan dapat
diketahui dengan lebih cepat, sehingga pelaksanaan pilkada secara keselurahan
dapat sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan.
Selain itu, perkembangan TI
dewasa ini dapat dimanfaatkan untuk membantu administrasi pelaksanaan
tugas-tugas KPUD. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan dengan
memanfaatkan komputer dan jaringan yang digunakan pada Pemilu 2004, data dapat
disimpan lebih rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila
diperlukan. Dari data tersebut dapat diolah menjadi suatu informasi yang dapat
disebarluaskan kepada publik, sehingga publik bisa mendapatkan informasi yang
diperlukan secara cepat, akurat, dimanapun dan kapanpun.
Sehubungan dengan hal diatas,
kami menawarkan jasa pembuatan Software Sistem
Informasi Pendaftaran Penduduk Dan Pemilih yang disingkat dengan SIP3 untuk
digunakan pada Pilkada tahun 2008.
Sistem Informasi
Pendaftaran Penduduk dan Pemilih (SIP3). Merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk
memenuhi kebutuhan sepesifik KPUD sehubungan dengan proses pendataan penduduk
dan pemilih berdasarkan hasil dari P4B (Pendaftaran Pemilih dan Pencatatan
Penduduk Berkelanjutan).
1. User Friendly
Desain program
dengan tampilan menu yang mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun.
2. Step by Step Building
Aplikasi yang
kami tawarkan dapat dibuat secara bertahap satu persatu, sehingga dapat
disesuaikan dengan kemam-puan karyawan untuk meng-operasikan aplikasi secara
bertahap juga.
3.
Network Based
Aplikasi
berbasis web sehingga dapat diakses dari komputer mana saja didalam gedung
selama terkoneksi dengan jaringan LAN lokal, dan dapat diakses dari komputer
dimanapun di dunia bila terkoneksi dengan jaringan internet.
4. Multi OS
Aplikasi
berbasis web dapat dijalankan dari sistem operasi mana saja dan bahkan dapat
diakses dari handphone yang mempunyai fasilitas internet
5. Easy Installation & Upgrade
Aplikasi yang
kami buat cukup diinstal di server atau salah satu PC didalam gedung sedangkan
PC lain dapat mengakses aplikasi tanpa harus diinstal disetiap PC yang
bersangkutan, dengan demikian memudahkan perawatan dan upgrade sistem.
6. Public Database & Easy Integration
Kami
menggunakan database standar Internasional yang banyak digunakan aplikasi lain
sehingga memudahkan integrasi dengan aplikasi lain atau pengembangan oleh
vendor lain.
7.
Self Building Application
Aplikasi kami
buat sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga dan disertai dokumentasi yang baik,
sehingga apabila ada bugs atau penambahan fitur maka dengan mudah dan cepat
kami selesaikan. Aplikasi ini juga kami buat dengan menyesuaikan SOP (Standart
Operation Prodedure) dan budaya kerja di perusahaan anda sehingga aplikasi yang
kami buat benar-benar sesuai dengan harapan karyawan di perusahaan anda.
8. Documentation & Source Code
Kami
menyertakan dokumentasi cara operasi software dan CD berisi kode sumsber
program, jadi sewaktu-waktu dapat dikembangkan oleh SDM internal perusahaan.
1)
Melakukan perencanaan dan persiapan
2)
Melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk
pembuatan software.
3)
Pengadaan sarana kerja yang dibutuhkan sesuai skala
prioritas yang telah ditentukan
4)
Menganalisis kegunaan sarana kerja dalam menunjang dan
membantu proses perencanaan pembuatan software
Maksud dan Tujuan
yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah untuk membangun suatu sistem
informasi berbasis web yang bertujuan untuk memebuat database data penduduk dan
memilahnya secara otomatis untuk penduduk yang berhak memilih dalam Pilkada OKI
tahun 2008..
Dengan adanya sarana kerja yang memadai diharapkan hasil
perencanaan yang optimal dan terarah.
Menyediakan Sistem Informasi pendukung kerja KPUD sebagai
penyelenggara Pemilu dan Pilkada yang komprehensif dan terpadu.
Data dapat disimpan rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah
dan cepat apabila diperlukan.
Sejalan dengan maksud kegiatan,
maka tujuan yang hendak dicapai adalah:
1)
Dengan menyediakan sarana informasi yang memadai
diharapkan semua pihak yang terkait dapat mengakses informasi data penduduk.
2)
Mendukung mewujudkan visi dari KPU yaitu menjadi
penyelenggara Pemilu/Pilkada yang independen, non-partisan & imparsial,
serta profesional sehingga hasil kerjanya dipercaya oleh semua pihak, baik dari
dalam maupun dari luar negeri.
3)
Mendukung terselenggaranya Pemilu dan Pilkada yang
lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat seluas-luasnya atas dasar
prinsip-prinsip demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan
beradab.
4)
Meningkatkan transparansi penyelengaraan Pemilu dan
Pilkada.
Berikut adalah beberapa kemampuan sistem
yang dimiliki, yaitu :
- Sinkronisasi & Konsolidasi Data pada sistem tersebar berbasis internetworking, dari Kecamatan ke Tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi, dan ke Tingkat Pusat, sehingga data baik yang berupa basisdata, file, dan folder dapat diakses dengan mudah di setiap titik pada sistem tersebar tersebut.
Sistem
ini dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, dengan
menggunakan algorithma Rolling Checksum & Secure Hashing, yang sangat
efisien dalam penggunaan jalur datanya, sehingga bermanfaat untuk menekan biaya
koneksi internet, memperbaiki kondisi akses internet yang rendah bandwidth,
latensi tinggi, serta kehandalan internet yang kurang, dimana hal tersebut
merupakan tipikal permasalahan jaringan internet di Indonesia. Penggunaan
mekanisme distributed event ordering untuk memberikan penjaminan serialisasi
perubahan data yang terjadi dalam sistem terdistribusi, dan penggunaan teknik
sinkronisasi dua arah dan sinkronisasi terpartisi vertical/horizontal untuk
sinkronisasi multipoint.
- Mirroring/backup [Disaster Recovery] Data dan Aplikasi. Sistem mirroring ini juga dikembangkan dengan mengadopsi teknik propagasi perubahan, Rolling Checksum & Secure Hashing untuk mendeteksi bagain data yang berubah, secara aman dan cepat, sehingga menjadi sangat efisien dalam penggunaan jalur datanya. Dengan mirroing ini akan meningkatkan keamanan dan ketersediaan data (availability), dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi, serta menurunkan downtime sistem jika terjadi gangguan.
- Sistem Clustering. Dengan sistem ini, jika terjadi kendala tidak berjalannya aplikasi pada sistem utama, maka sistem backup (yang sama) segera dapat menggantikan perannya, sehingga ketersediaan (availability) aplikasi lebih tinggi dan sistem menjadi lebih handal (reliability).
- Security Enhancement System, merupakan sistem untuk manajemen otorisasi dan sesi yang dibangun untuk dapat memberikan penjaminan yang tinggi terhadap interkoneksi yang terjadi pada suatu aplikasi berbasis internet. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan Secure Socket Layers (SSL) dan Web Services sebagai dasar teknologinya sehingga dapat diakses dari mana saja dengan mudah dan aman. Selanjutnya, transfer data dilakukan secara ter-enkripsi melalui protokol yang aman.
- Terintegrasi dengan sistem yang lain. aplikasi ini terintegrasi dengan paket aplikasi untuk Pemerintahan lainnya, misalnya dengan e-GovPortal (Sistem Informasi Manajemen Portal & Content Management System), sehingga masyarakat dapat melihat data hasil pemilihan yang up-to-date melalui portal Pemerintah Daerah.
Aplikasi yang kami buat
mempunyai fitur sebagai berikut :
- Tampilan aplikasi user friendly, artinya aplikasi dapat digunakan dengan mudah oleh orang awam sekalipun.
- Sistem mencatat setiap aktifitas oleh operator untuk digunakan sebagai laporan aktifitas dan keperluan lainnya.
- Data diinput dapat di kategorikan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan hasilnya berupa kartu pemilih yang dapat di cetak segera.
- Data keseluruhan dapat di gunakan oleh instansi pemerintah lain yang membutuhkannya, dan data dapat dibuat dalam bentuk file excel, pdf, word atau data standar SQL.
- kami menggunakan database standar internasional sehingga dapat di gunakan untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemograman apapun.
Software
diinstall di server utama
Database diinstal
di server utama dan juga di server cadangan sebagai backup data otomatis,
dengan menggunakan sistem clustering
Terdapat 3
komputer untuk input data, koneksi jaringan menggunakan sistem wireless (tanpa
kabel).
Data yang diinput
secara otomatis di sortir berdasarkan ketentuan pilkada, nama yang mempunyai
hak suara dapat langsung di cetak oleh operator.
Operator juga dapat mencetak laporan data baik
harian atau periode yang ditentukan.
- Modul lengkap.
- Mudah diintegrasikan dengan Portal.
- Karena berarsitektur Web Distributed, dimana disetiap Unit Kerja terdapat server lokal, maka sistem Sinkronisasi Data tidak membutuhkan akses yang Dedicated (cukup Dial-Up)
- Diperkuat dengan Sistem Keamanan berbasis teknik Kriptografi & Fasilitas Otentifikasi dengan USB Flashdisk (e-Token).
- Mengacu kepada regulasi dan aturan pemerintah terkini.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan software ini,
didukung juga dengan peralatan-peralatan sebagai berikut:
- Kendaraan roda empat dan roda dua
- 1 Unit Komputer Server Utama
- 1 Unit Komputer Server Slave
- 3 Unit Komputer Operator
- 2 Unit SWITCH Wireless
- 5 Unit WiFi USB
- 2 Unit UPS 1000 watt
- 3 Unit UPS 600 watt
- 3 Unit Printer Epson R230Printer
Untuk melaksanakan kegiatan ini disamping Tenaga Ahli, juga didukung oleh
beberapa orang staf pendukung/operasional antara lain:
- Programmer database
- Progammer aplikasi
- Desain grafis
- Analis software
- Network Engineer
- Security System
- Membuat buku manual
- Fotokopi buku manual
- Training operator
- Audit / Pemerikasaan bugs
- Operator komputer
Tugas dan tanggung jawab dari setiap personil yang terlibat diatur
sebagai berikut..
- Tim Leader
- Bertanggung jawab dalam menyelesaikan kegiatan penyiapan pembuatan software sampai selesai.
- Mengadakan koordinasi teknis terhadap tim kerjanya dan bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran.
- Selaku tenaga ahli dibidang software enginer, menyusun rancangan software.
- Membuat laporan pekerjaan berkala.
- Programmer database
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Merancang struktur database software, berdasarkan data flowcart yang dibuat oleh Analis Software.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Progammer aplikasi
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Membuat skrip program berdasarkan rekomendasi dari analis software dan programmer database.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Desain grafis
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Membuat desain ikon dan gambar yang diperlukan untuk software.
- Merancang tampilan software agar tampil menarik.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Analis software
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Bersama dengan tim dari KPU merancang alur kerja software
- Merancang flow cart
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Network Engineer
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Melakukan pekerjaan instalasi komputer.
- Memasang jaringan untuk menghubungkan antar komputer.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Security System
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Memeriksa sistem keamanan jaringan agar tidak bisa disadap atau disusupi oleh orang lain.
- Memperbaiki sistem yang bolong.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Membuat buku manual
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Menyusun modul pelatihan dan sosialisasi software.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Training operator
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Memberikan pelatihan kepada operator komputer.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Audit / Pemerikasaan bugs
- Tanggung jawab teknis secara langsung terhadap tim leader.
- Bersama dengan tenaga ahli lainnya mengadakan diskusi dengan pengguna anggaran dan melaksanakan koordinasi teknis dengan tim kerja lainnya.
- Memeriksa software dan mencocokan dengan data manual.
- Mencoba software dari segala kemungkinan kesalahan dari operator.
- Memberikan masukan teknis kepada tim leader.
- Operator komputer (dari pihak KPU)
- Melakukan input data dari lembaran cetak.
- Mencetak kartu pemilih
Untuk mendapatkan
hasil yang maksimal dalam pembuatan software ini, maka disusun
langkah-langkah yaitu:
- Tahap persiapan
o Mendapatkan
sumberdaya perangkat keras
o Mendapatkan
sumberdaya perangkat lunak
o
Mendapatkan
sumber daya manusia berupa tenaga ahli.
- Tahap rancangan
- Bersama dengan tim dari KPU menganalisa seluruh kebutuhan sistem
- Menyiapkan rancangan software yang meliputi Alur kerja software yang digambar dalam bentuk flow cart
- Merancang struktur database software, berdasarkan data flowcart yang dibuat oleh Analis Software.
- Mengidentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi sistem
- Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
- Memilih konfigurasi yang terbaik
- Menyiapkan usulan penerapan
- Menyetujui atau menolak penerapan system
- Tahap Pembuatan
- Membuat database
- Membuat skrip program berdasarkan rekomendasi dari analis software dan programmer database.
- Membuat tampilan software agar lebih menarik dan mudah digunakan.
- Tahap Instalasi
- Melakukan pekerjaan instalasi software.
- Memasang jaringan untuk menghubungkan antar komputer.
- Tahap pemeriksaan software dan sistem
- Memeriksa software dan mencocokan dengan data manual.
- Mencoba software dari segala kemungkinan kesalahan dari operator.
- Memeriksa sistem keamanan jaringan agar tidak bisa disadap atau disusupi oleh orang lain.
- Memperbaiki sistem yang bolong.
- Tahap Training
- Menyusun modul pelatihan dan sosialisasi software.
- Memberikan pelatihan kepada operator komputer.
- Tahap Monitoring
- Memeriksa pekerjaan operator dan memastikan bahwa operator tidak mengalami kesulitan dalam bekerja.
Hasil dari
kerjasama ini adalah berupa :
- Dokumentasi dalam bentuk berita acara dan gambar proses kegiatan pembuatan software
- Buku manual cara penggunaan software
- CD yang berisi software dan manual
- Semua hardware yang terdapat dalam proposal.
Demikian proposal
penawaran dari kami, kami sangat senang apabila kami diberi kesempatan untuk
mempresentasikan proposal kami. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan
terimakasih.
How to contact regarding software larra.on9@gmail.com
ReplyDelete