BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Kesehatan
merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu kebutuhan dasar
manusia. Sebuah pepatah mengatakan bahwa kesehatan bukanlah segalanya, tetapi
tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti apa-apa. Oleh sebab itu setiap
orang wajib mengupayakan kesehatan yang bagus karena kesehatan merupakan salah
satu faktor penentu kualitas diri seseorang. Tanpa kesehatan yang bagus tentu
akan sulit bagi seseorang untuk melakukan aktifitas sehari-hari sehingga akan
berpengaruh juga pada prestasi dan produktifas orang tersebut.
Menurut
Undang-Undang No 23 Tahun 1992. Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari
badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara
sosial dan ekonomis. Berdasarkan undang-undang tersebut, pemerintah melalui
Departemen Kesehatan telah mempertegas himbauan kesehatan melalui program
Kesehatan Bagi Semua pada tahun 2000. Hal ini merupakan rekomendasi dari
konferensi kesehatan sedunia di Alma Ata, Kazhaktan, pada tahun 1978 agar
masyarakat Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan menjadi masyarakat
yang sehat dan kuat untuk melaksanakan pembangunan nusa dan bangsa.
Salah satu
bagian yang penting untuk kesehatan manusia adalah makanan. Dari makanan yang
dikonsumsi, manusia akan mendapatkan asupan-asupan yang dibutuhkan untuk
mengerjakan aktifitasnya seperti karbohidrat, protein, lemak serta vitamin
lainnya. Untuk itu, kita harus pintar memilih dan mengkonsumsi makanan dengan
gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.
Di jaman yang
modern sekarang ini semakin banyak makanan cepat saji yang sebenarnya
mengandung banyak bahan-bahan yang dapat merugikan kesehatan dan dapat
menimbulkan penyakit jika dikonsumsi terlalu sering. Kandungan gizi dari
makanan cepat saji sangat sedikit karena telah banyak berkurang dari kandungan
gizi aslinya akibat proses pengolahan. Selain kandungan gizi yang menurun
setelah proses pengolahan, kalori dan kandungan lemak dari makanan tersebut
justru semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi
kesehatan karena jika tubuh kelebihan kalori dan lemak maka dapat menyebabkan
obesitas.
Menurut WHO
(World Health Organization) obesitas merupakan kondisi pertambahan lemak tubuh
yang didasarkan pada nilai indeks massa tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Pada tahun 2008, sekitar 2,8 juta orang
dewasa meninggal akibat obesitas, sekitar 300 juta orang yang secara klinis
tergolong obesitas yang merupakan penyokong utama dari penyakit degeneratif
seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker. Untuk mengantisipasi
penyakit-penyakit tersebut, WHO merekomendasikan peningkatan konsumsi buah dan
sayur serta pembatasan asupan lemak jenuh, gula sederhana, dan natrium.
Memiliki tubuh
yang sehat dengan bentuk ideal adalah dambaan setiap orang. Untuk
mendapatkannya kita harus menjaga pola makan serta melakukan aktifitas fisik
seperti olah raga secara teratur. Berbagai penelitian menyimpulkan hubungan
yang bermakna antara aktivitas fisik dengan kejadian obesitas, risiko obesitas
semakin rendah dengan aktivitas fisik yang tinggi.
Dewasa ini,
kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat mulai bertambah, tren
penerapan pola hidup sehat pun semakin populer. Biasanya, mereka memulai dengan
menerapkan pola diet tertentu dan pergi ke gym
untuk berolahraga. Tetapi masih banyak yang belum mengerti bagaimana melakukan
latihan fitness dan menerapkan pola
diet yang benar sehingga diet mereka tidak maksimal serta rentan cedera karena
melakukan gerakan yang salah ketika latihan di gym. Oleh karena itu, diperlukan sebuah Aplikasi Mobile sehingga
dapat digunakan kapan saja sebagai panduan pola diet dan gerakan-gerakan fitness yang benar untuk membantu
seseorang dalam menerapkan pola hidup sehat.
Berdasarkan uraian
di atas, maka
penulis tertarik untuk
mengangkat sebagai bahan penelitian dalam menyusun Skripsi ini dengan
judul “Perancangan Aplikasi Panduan
Latihan Fitness dan Pola Diet Berbasis Android”.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yangakan
dibahas/diteliti dalam Skripsi ini dirumuskan sebagai berikut:
Bagaimana merancang dan menerapkan Aplikasi Panduan Latihan Fitness dan Pola Diet pada
perangkat android, sehingga mempermudah setiap orang untuk menerapkan pola hidup sehat terutama tentang
panduan latihan fitnessdan
penjadwalan waktu makan.
1.3.
Batasan Masalah
Penulisan Laporan Skripsi ini hanya membatasi beberapa permasalahan, yaitu :
1.
Pembuatan
Aplikasi Panduan Latihan Fitness dan Pola Diet Berbasis Android sebagai panduan
dalam menerapkan pola diet dan latihan fitness.
2.
Gerakan
dasar latihan fitness untuk pemula
yang dimaksudkan agar seorang pemula dapat melakukan gerakan fitness yang benar sehingga terhindar dari
cidera.
3.
Fitur Workout atau program latihan dalam
aplikasi hanya program yang direkomendasikan oleh para profesional atau fitness expert.
4.
Aplikasi memiliki fitur
diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet)
yang telah diteliti dan direkomendasikan oleh Deddy Corbuzier.
5.
Aplikasi memiliki fitur
diet 6 Meal a Day yang
direkomendasikan oleh Ade Rai.
6.
Perhitungan
presentasi lemak tubuh berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh Hodgdon dan
Beckett yang dihitung dengan satuan centimeter (cm) dengan akurasi sebesar
0,5cm.
7.
Perhitungan Indeks
Massa Tubuh (IMT) berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh World Health Organization (WHO).
8.
Perhitungan
kebutuhan kalori harian menggunakan rumus perhitungan dari Mifflin - St Jeor
sebagimana rekomendasi dari American
Dietetic Association (ADA) sebagai formula paling tepat.
9.
Hasil
perhitungan lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan kebutuhan kalori tidak 100%
akurat dan hanya sebagai acuan perkembangan tubuh dalam menerapkan pola hidup
sehat.
10. Pembuatan Aplikasi Mobile dengan menggunakan android
studio.
11. Aplikasi
berjalan di OS Android dengan versi minimal android 4.4 KitKat dan direkomendasikan untuk dijalankan di versi 5.0 keatas.
12. Aplikasi
tidak memerlukan koneksi internet.
1.4.
Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud dan tujuan dari penelitian dan pengembangan ini
adalah :
1.
Menghasilkan
Aplikasi Panduan Latihan Fitness dan Pola Diet Berbasis Android yang dapat
digunakan oleh masyarakat untuk
mendukung penerapan pola hidup sehat serta membantu para
pemula fitness agar lebih maksimal
dalam latihan.
2.
Membuat
dokumentasi pembuatan Aplikasi Panduan Latihan Fitness dan Pola Diet Berbasis
Android, mulai dari pengenalan dan kemudian proses penggunaannya.
1.5.
Manfaat Penelitian
Dengan
adanya aplikasi ini maka manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini
adalah sebagai berikut :
Bagi
peneliti :
- Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer di STMIK Amikom Yogyakarta.
- Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat selama kuliah di STMIK Amikom Yogyakarta.
- Mengembangkan potensi, pengetahuan, serta kreatifitas dalam membuat sebuah aplikasi mobile berbasis android.
Bagi
masyarakat :
- Mempermudah pengguna aplikasi untuk mencapai target berat badan ideal yang mereka inginkan.
- Membantu pengguna dalam melakukan gerakan latihan fitnessyang benar sehingga tidak rentan cedera dan mendapatkan hasil latihan yang maksimal.
- Mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi dalam menerapkan suatu metode diet.
- Membantu pengguna untuk mengetahui berapa berat massa tubuhnya sehingga lebih mudah dalam mengontrol berat badannya.
- Membantu pengguna mengetahui kandungan lemak tubuhnya, indeks massa tubuh, serta kalori harian yang dibutuhkan guna mencapai berat badan ideal.
1.6.
Metode Penelitian
Beberapa
metode penelitian untuk mengumpulan data yang dilakukan bertujuan untuk
mendapatkan data yang sesuai dan diharapkan agar pembuatanAplikasi Panduan
Latihan Fitness dan Pola Diet Berbasis Android bermanfaat untuk masyarakat
dalam membantu penerapan pola hidup sehat.
Langkah-langkah
dalam penelitian ini adalah menggunakan metode sebagai berikut :
1.
Tahap Pengumpulan
Data
Tahap
pengumpulan data akan menggunakan metode kepustakaan yaitu metode pengumpulan
yang bersumber dari literatur buku-buku
penunjang dan jurnal untuk konsep teori yang berhubungan dengan objek masalah
penelitian.
2.
Tahap Analisis Sistem (System
Analysis)
Tahap analisis sistem adalah tahap penelitian atas
sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbarui. Dalam penelitian ini akan menggunakan analisis
SWOT untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weakness), peluang (opportunities), serta ancaman (threats).
3.
Tahap Perancangan/Desain Sistem (System
Design)
Tahap perancangan sistem adalah tahap setelah analisis sistem yang menentukan proses dan
data yang diperlukan oleh sistem baru. Perancangan sistem akan menggunakan UML, Use Case diagram, Class
diagram, Activity diagram, Sequence diagram sebagai pedoman dalam
penulisan program agar kode-kode program dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
4.
Tahap Penerapan/Implementasi Sistem (System
Implementation)
Tahap implementasi atau penerapan adalah tahap
dimana desain sistem dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk
dioperasikan.
5.
Tahap Pengujian Sistem
Tahap Pengujian Sistem, tahap ini dilakukan untuk menguji coba aplikasi
yang sudah kita buat sehingga dapat diterapkan dengan baik.Menggunakan Black Box Testing dan White Box Testing. Pada black box testing dilakukan dengan
mengeksekusi unit atau modul sedangkan pada white
box testing menggunakan struktur kontrol rancangan untuk memperoleh hasil
pengujian.
1.7.
Sistematika Penelitian
Dalam
skripsi ini penulis membagi sistematika penulisan ke dalam lima bab dengan
maksud untuk mempermudah dalam penyusunannya serta mempermudah dalam memahami
isinya. Adapun gambaran sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab
ini menguraikan tentang masalah yang melatar belakangi pembuatan aplikasi
mobile android ini, yakni tentang penerapan pola hidup sehat. Selain membahas
tentang latar belakang masalah, bab ini juga menguraikan batasan-batasan
masalah yang dijadikan sebagai ruang lingkup dalam membahas masalah yang ada.
Tujuan penulisan skripsi ini pun juga terdapat dalam bab ini, disertai dengan
metode-metode penelitian yang digunakan dalam mencapai tujuan penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab
ini menguraikan teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, yaitu
teori tentang penerapan pola hidup sehat diantaranya metode diet dan olahraga
khususnya fitness, teori tentang
dasar-dasar software yang digunakan, yakni Android Studio, serta teori tentang
ERD.
BAB III ANALISIS DAN
PERANCANGAN SISTEM
Bab
ini menguraikan suatu pembahasan masalah yang dimulai dari analisa
permasalahan, di mana penganalisaan dimulai dari analisa kebutuhan sistem yang
meliputi pengumpulan software yang akan digunakan dalam merancang aplikasi
mobile android ini, pengumpulan data-data yang berkaitan yang didapat dari
berbagai sumber, pendefinisian masalah yang akan dibahas serta analisa strategi
pemecahan masalah. Implementasi sistem yang dibahas meliputi pengolahan data
yang akan digunakan dalam membangun aplikasi mobile android yang bersangkutan
dengan menggunakan perangkat lunak Android Studio serta pembuatan aplikasi itu
sendiri dengan menggunakan data yang diperoleh dari penelitian. Pada bab ini
juga dibahas mengenai fungsionalitas-fungsionalitas yang terdapat dalam aplikasi
mobile android ini.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN
PEMBAHASAN
Bab
ini membahas dan menjelaskan tentang uji coba aplikasi yang telah dibuat dan di
implementasikan sebelumnya. Pada bab ini juga dibahas mengenai
fungsionalitas-fungsionalitas aplikasi ini yang telah dibahas pada bab
sebelumnya. Pembahasan yang dilakukan disertai dengan tampilan-tampilan dari
aplikasi ini sehingga memudahkan dalam penyampaian dan pemahamanannya. Adapun
analisa yang dilakukan meliputi kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan yang
dimiliki sistem ini.
BAB V PENUTUP
Bab
ini merupakan penutup dari skripsi ini, di mana bab ini menguraikan
kesimpulan-kesimpulan atas dasar dari bab sebelumnya dan saran-saran yang
ditujukan untuk mengembangkan penelitian agar lebih baik.
No comments:
Post a Comment